Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kabar

Bukan Di Arab, Di Sinilah Al Qur’an Tertua Di Dunia Disimpan

alquran tertua

Al Qur’an adalah kitab suci umat Islam yang terjamin keasliannya. Hal ini disebutkan dalam QS. Al Hijr: 9. Allah SWT berfirman:

اِنَّا نَحْنُ نَزَّلْنَا الذِّكْرَ وَاِنَّا لَهٗ لَحٰفِظُوْنَ ٩

Artinya: Sesungguhnya Kamilah yang menurunkan Al-Qur’an dan pasti Kami (pula) yang memeliharanya.

Al Qur’an Tertua Di Dunia

Tidak hanya berdasarkan keterangan Al Qur’an, kemurnian dan kebenaran Al Qur’an juga telah dibuktikan secara ilmiah. Baru-baru ini ilmuwan telah menemukan manuskrip Al Qur’an tertua yang disimpan di Universitas Birmingham Inggris.

Berdasarkan hasil uji radiokarbon pada 2015, manuskrip ini diperkirakan berasal dari kurun waktu antara 568 sampai dengan 645 M dan dimiliki oleh Perpustakaan Riset Cadbury Research di Universitas Birmingham Inggris.

Al Qur’an tertua ditulis dengan tinta di atas kulit binatang menggunakan huruf Arab corak Hijazi dan masih jelas terbaca. Lembaran-lembaran yang berisi ayat-ayat Surah ke-19 (Surah Maryam) sampai Surah ke-20 (Surah Ta Ha).

Manuskrip Birmingham ini membuktikan bahwa Al qur’an memang ditulis sejak masa Nabi. Isinya pun tidak berubah dari dulu sampai sekarang.

alquran tertua di dunia
Alquran Tertua di Dunia

Dilansir dari islami.co, manuskrip ini telah berada di Birmingham sejak tahun 1930-an yang disimpan di koleksi naskah Timur Tengah Mingana, Perpustakaan Penelitian Cadbury, Universitas Birmingham.

Usia manuskrip ini diperkirakan setidaknya 1.374 tahun. Dalam hal ini, penanggalan radiokarbon dari laboratorium Oxford dilakukan dengan mengukur usia kambing atau domba yang kulitnya telah diubah menjadi perkamen sebagai bahan tulisan manuskrip.

Profesor David Thomas, dosen senior Studi Islam Universitas Birmingham, mengatakan bahwa naskah ini memberikan informasi penting untuk membantu perselisihan tentang apakah Al Quran ditulis pada zaman nabi, atau disusun bertahun-tahun kemudian setelah diturunkan melalui transmisi oral (dari mulut ke mulut).

Advertisement. Scroll to continue reading.

Meskipun penanggalan radiokarbon tingkat keakuratannya mencapai 95%, klaim sbagai manuskrip Al-Quran tertua di dunia masih bisa diperdebatkan. Dalam sejarah Islam, kehidupan Nabi Muhammad terjadi pada masa 570-632 M dan beliau diutus menjadi Nabi pada 610 M yang pada masa itu adalah pertama kalinya menerima ayat Al-Quran.

Robby Karman
Written By

Penulis, Peminat Kajian Sosial dan Keagamaan.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel terkait

Kajian

KITA TAHU negara muslim atau negara dengan mayoritas penduduk muslim saat ini rata-rata tertinggal dari negara-negara dari negara Eropa atau Asia Timur. Hal ini...

Kajian

Metode tafsir maudhu’i, juga dikenal sebagai metode tematik, adalah cara mengumpulkan ayat-ayat Al-Quran yang memiliki maksud yang sama, membahas topik yang sama, dan menyusunnya...

Kabar

RUANGSUJUD.COM – Nama Nupur Sharma mendadak menjadi perbincangan publik. Pernyataan petinggi partai penguasa, Bharatya Janata Party (BJP) membuat kontroversi. Dalam sebuah debat di media Times Now, Sharma...

Opini

RUANGSUJUD.COM – Bagi kita semua kata taqwa tentu sudah bukan menjadi suatu yang asing, kata yang berasal dari Bahasa arab ini sudah melebur dalam tradisi...