Sehat Dengan Berolah Raga

Sehat Dengan Berolah Raga
ilustrasi foto

DALAM khazanah Islam ada dua terminologi populer yang artinya sehat yaitu Ash Shihah dan Al Afiat. Menurut ulama makna Ash Shihah adalah bentuk kesehatan yang meliputi jasmani, raga, lahiriah sedangkan Al Afiat adalah bentuk kesehatan yang meliputi rohani, jiwa, dan batiniah.  Islam sudah memberikan petunjuk secara jelas, komplit dan terpadu tentang konsep pentingnya menjaga kesehatan baik secara jasmani maupun rohani.

Kita harus menyadari bahwa Allah sangat menyukai mukmin yang kuat dibandingkan mukmin yang lemah. Kesadaran ini penting sebab saat ini muncul kesan di dunia Barat bahwa agama Islam “mengharamkan” olah raga sehingga negara-negara berpenduduk mayoritas muslim tidak memiliki prestasi menonjol di bidang olahraga. Padahal Rasulullah menganjurkan para sahabatnya (termasuk seluruh umat Islam harus mengikuti sunahnya) agar mampu menguasai bidang-bidang olah raga terutama berkuda, berenang, dan memanah. Anjuran itu Rasulullah telah menerapkannya dan mampu menjalani ketiga olahraga itu dengan baik.

Menurut Nashih Nashrullah (2015) ada tiga fungsi olahraga menurut Islam. Pertama adalah menjaga diri (self defense). Olahraga membuat fisik seseorang menjadi kuat. Latihan yang kontinyu dan teratur itu memunculkan manfaat kebugaran, dan energi agar bisa membela diri dari serangan musuh. Pembelaan dan penjagaan diri adalah tuntunan dasar. Mempertahankan nyawa adalah satu dari kelima hak yang dilindungi dalam Islam (dharuriyat al-khamsah).

Kedua, olahraga merupakan media persiapan yang menguatkan pasukan Muslim untuk berjihad di jalan Allah SWT. Perang bukan hanya adu kepintaran dalam menerapkan strategi, tetapi juga butuh kelihaian menggunakan senjata, kelincahan berkuda, dan penguasaan panah. Ini semua hanya bisa ditempuh melalui latihan yang kontinyu dimana sarana strategisnya adalah berolahraga.

Ketiga ialah menjaga kesehatan tubuh. Fisik yang sehat adalah anugerah tak terkira dari Sang Khalik. Karunia itu harus tetap dijaga sebagai bentuk syukur. Ada banyak cara menjaga tubuh agar tetap bugar dan sehat, seperti asupan gizi dan nutrisi yang cukup. Selain itu, olahraga merupakan cara yang jitu. Dengan berolahraga, aliran darah lancar dan metabolisme tubuh menjadi seimbang.