Pesantren dan Pendidikan Bangsa

Pesantren dan Pendidikan Bangsa
Ilustrasi foto/Net

DEWASA ini dengan adanya modernisasi dalam berbagai bidang, dunia pesantren sudah berbenah untuk memperbaiki kualitas dan keunggulannya. Sehingga banyak bermunculan pondok pesantren dengan variasi yang beragam inovasi dan menamakan diri sebagai pondok pesantren modern. Keberadaan pesantren tidak terlepas dari adanya semangat para ulama untuk senantiasa mendakwahkan dan mengembangkan nilai-nilai Islam.

Tujuan pendidikan pesantren diantaranya untuk menciptakan kepribadian muslim yaitu kepribadian yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan, berakhlak mulia dan berhikmat kepada masyarakat dengan jalan menjadi abdi masyarakat yang mampu berdiri sendiri, bebas dan teguh dalam kepribadian, menyebarkan agama atau menegakkan kejayaan umat Islam di tengah masyarakat dan mencintai ilmu dalam rangka mengembangkan kepribadian Indonesia. Ada beberapa jenis pendidikan pesantren yang ada di Indonesia di antaranya pesantren modern, pesantren kombinasi salaf dan modern, dan pesantren salaf murni.

Pondok modern merupakan anti-tesa dari pesantren salaf. Sistem ini dipopulerkan pertama kali oleh Pondok Modern Darussalam Gontor Ponorogo yang kemudian diduplikasi di pesantren lain yang memakai label modern. Pesantren modern mengedepankan penggunaan Bahasa Arab dan Inggris dalam kehidupan sehari-hari di pesantren dan kemampuan di bidang komputer atau teknologi informasi, ilmu-ilmu umum juga diajarkan dengan baik sama seperti halnya ilmu agama.

Kedua, pesantren kombinasi salaf dan modern umumnya pesantren yang dulunya salaf murni, sudah mampu beradaptasi dan mengkombinasikannya dengan sistem modern dalam arti ada pendidikan formal. Dan sistem pembelajaran bahasa Arab atau Inggris aktif di samping pendidikan kitab kuning.

Ketiga, pesantren salaf murni yang dimaksud ponpes salaf murni adalah pesantren yang kurikulumnya murni mengajarkan bidang studi ilmu agama biasanya melalui sistem madrasah. Pesantren salaf murni, disebut juga dengan salafiyah, memang bertujuan untuk mencetak ulama yang ahli agama. Saat ini, pesantren salaf murni sudah berkurang.

Pesantren merupakan tempat yang sangat baik dalam menimba ilmu, bukan saja ilmu dunia tetapi juga terutama ilmu akhirat atau agama yang akan menyelamatkan kita di hari kiamat kelak. Pesantren saat ini sudah terbukti banyak melahirkan para ulama dan tokoh besar yang handal dan kuat mental yang berkontribusi bagi kemajuan bangsa ini, serta senantiasa menuntun masyarakat untuk berada di jalan yang benar sesuai perintah Allah SWT. Dan banyak tokoh-tokoh besar khususnya di Indonesia, yang merupakan lulusan atau alumni dari pesantren.