Penyakit Akhir Zaman

Penyakit Akhir Zaman

   INDONESIA merupakan negara dengan populasi pemeluk agama Islam terbanyak di dunia. Akan tetapi, tingkat korupsi juga sangat tinggi. Bagaimana hal itu bisa terjadi di dalam negara berpenduduk Islam terbesar di dunia saat ini. Istilah Wahan merupakan istilah yang mungkin cocok jika kita kaitkan dengan kondisi yang menyebabkan kondisi tersebut

          Cinta dunia dan takut mati (Wahan) ialah penyakit yang sekarang ini sedang mewabah di dalam negeri ini khususnya. Penyakit ini sudah pernah disebut oleh Rasulullah SAW, seperti yang tertuang dalam riwayat berikut : Dari Tsauban ra berkata, “Rasulullah SAW bersabda, Akan datang suatu masa, di mana bangsa-bangsa akan mengeroyok kalian seperti orang-orang rakus merebutkan makanan di atas meja.

              Ada seorang yang bertanya, ‘Apakah karena pada saat itu jumlah kami sedikit?’ Rasulullah SAW menjawab: ‘Tidak, bahkan kamu pada saat itu mayoritas, akan tetapi kamu seperti buih di atas permukaan air laut. Sesungguhnya Allah telah mencabut rasa takut dari musuh-musuh kalian, dan telah mencampakkan penyakit al wahan pada hati kalian.’ Seorang sahabat bertanya: ‘Ya Rasulullah, apakah penyakit al wahan itu?.’Rasulullah SAW menjawab: Al Wahan adalah penyakit cinta dunia dan takut mati.”  (HR. Abu Dawud, Ahmad, dan lainnya)

          Dari riwayat di atas sangatlah cocok dengan situasi yang dialami oleh umat muslim saat ini. Seperti di Indonesia, jumlah umat muslim sangat banyak, namun kita tidak berdaya dengan pihak asing yang menjajah dengan cara yang sangat halus. Banyak sekali orang yang hanya mementingkan urusan duniawi. Mencari uang sebanyak mungkin dengan cara apapun, termasuk dengan korupsi. Orang tua lebih banyak mengajarkan urusan duniawi kepada anaknya, tanpa diimbangi dengan urusan akhirat. Itulah sebabnya, mengapa umat Islam saat ini bukanlah sebagai pemimpin di zaman ini, melainkan mereka hanya menjadi budak-budak hawa nafsu mereka saja.

          Untuk itu marilah kita berusaha hilangkan penyakit ini dari dalam diri kita masing masing, dengan cara meningkatkan keimanan kepada Allah SWT dan hari akhir, sampai pada derajat tertinggi. Dengan keyakinan ini penyakit cinta dunia dan takut mati akan hilang. Allah SWT berfirman :  “Apa yang di sisimu akan lenyap, dan apa yang ada di sisi Allah adalah kekal. Dan sesungguhnya Kami akan memberi balasan kepada orang-orang yang sabar dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan.” (QS. An-Nahl:96)