Nasihat Bagi Orang Tua

Nasihat Bagi Orang Tua

   MENJADI orang tua, baik sebagai bapak atau ibu mempunyai tanggung jawab yang sama besarnya demi tercapainya keluarga sakinah mawaddah wa rahmah.  Dari Abu Ruqayah Tamim bin Aus Ad-Dari r.a. bahwa Nabi saw bersabda :

          “Agama itu adalah nasehat. “Kami bertanya : “untuk siapa? “Beliau menjawab: “untuk Allah, kitabNya, RasulNya, para imam orang-orang Islam, dan untuk orang-orang awam mereka.” (riwayat muslim).

          Dari hadis di atas, kita dapat mengambil pelajaran penting bahwasannya nasihat itu merupakan hal yang sangat penting. Dan kita sebagai Muslim seharusnya mencintai nasehat. Ketahuilah, bahwa anak merupakan suatu amanah yang agung dan tanggung jawab yang berat di hadapan Allah. Sudahkan ibu atau bapak telah memelihara amanah tersebut? Allah swt berfirman mengenai sifat atau ciri hamba-Nya yang beriman :“Dan orang-orang yang memelihara amanat-amanat dan janjinya,” (Al-Mu’minun: 8).

          Sudahkah kuncup-kuncup yang beriman, putra-putri bapak ibu, telah bapak ibu didik sehingga berakhlak dengan akhlak Al-Quran ?

Sudahkah mereka telah bapak ibu didik untuk mengikuti sunnah Rasulullah saw ? Allah swt. berfirman :

          “Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri tauladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah.” (Al-ahzab: 21)

          Sudahkah mereka telah Bapak ibu didik untuk mengesakan Allah swt dan menjaga fitrah mereka dari noda-noda syirik dan dosa?

Allah swt berfirman : “Dan (ingatlah) ketika Luqman kerkata kepada anaknya, diwaktu ia memberi pelajaran kepadanya ; ‘Hai anakku, janganlah kamu mempersekutukan Allah, sesungguhnya mempersekutukan (Allah) adalah benar-benar suatu kezaliman yang besar.” (Luqmam:31).

          Sudahkah mereka telah Bapak ibu didik untuk bertakwa dan selalu memperhatikah dan mengikuti firman Allah swt, baik mereka dalam keadaan sembunyi atau terang-terangan? Begitulah nasihat lukman, meskipun bukan seorang Nabi. Tetapi hikmah yang mendalam dari nasehat beliau kepada anaknya, telah diabadikan secara khusus di dalam Al Quran. Nasehat tersebut akan abadi hingga hari akhir nanti.

          Sudahkah mereka telah Bapak ibu ajarkan rukun iman, rukun Islam, dan ihsan, sehingga mereka menjadi teladan dan contoh hidup untuk seorang muslim dan muslimah? Tiga hal inilah yang menjadi pedoman bagi setiap Muslim dalam menjalankan kehidupannya sehari-hari.